agen bola online agen poker online
Kelompok dan Iuran Qurban - Cheater251 | Free Download Cheat LostSaga, PointBlank, First Blood 2017

Kelompok dan Iuran Qurban

Fast Download
Kelompok dan Iuran Qurban - Hallo sahabat Cheater251 | Free Download Cheat LostSaga, PointBlank, First Blood 2017, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kelompok dan Iuran Qurban, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Qurban, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kelompok dan Iuran Qurban
link : Kelompok dan Iuran Qurban

Baca juga


Kelompok dan Iuran Qurban

Fast Download


Penanya:
Salsabila, Sri Menanti

Pertanyaan:

Di jamaah Ranting Muhammadiyah kami, mengadakan pemotongan hewan qurban pada setiap Hari Raya Idul Adlha dengan cara empat kelompok:
1.      Kelompok I, 1 ekor sapi untuk 7 orang
2.      Kelompok II, 1 ekor kambing untuk 1 orang (bagi yang mampu)
3.      Kelompok III, 1 ekor sapi untuk 14 orang
4.      Kelompok IV, iuran anggota jamaah semampunya untuk membeli 1 ekor kambing.
Untuk kelompok III dan IV dari anggota jamaah mempunyai alasan:
1.      Untuk mendidik dan melatih berkorban.
2.      Untuk solidaritas dan pemerataan bagi umat Islam dari jamaah sendiri dan umum.
3.      Untuk peningkatan jumlah hewan qurban di setiap tahunnya.
Pertanyaannya adalah:
1.      Untuk nomor 1 dan 2 sudah jelas dasar hukumnya, namun nomor 3 dan 4, belum jelas dasar hukumnya, mohon keterangan.
2.      Masalah nomor 3 dan 4 lebih baik dihentikan atau diteruskan?


Jawaban:

Penyembelihan binatang qurban seperti saudara utarakan, telah dilakukan di hampir setiap Ranting Muhammadiyah. Khusus nomor 3 dan 4, namanya bukan qurban, melainkan infaq. Maka harus dilakukan dengan ikhlas. Dan infaq itu ada dasarnya, baik dalam al-Qur’an maupun dalam hadits. Dan hendaknya saudara jelaskan kepada mereka bahwa infaq itu sangat besar pahalanya, sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ. [البقرة {2}: 261].
Artinya: “Perumpamaan (infaq yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” [QS. al-Baqarah {2}: 261]

Kami berpendapat bahwa nomor 3 dan nomor 4 sebaiknya diteruskan bahkan lebih digalakkan bagi mereka yang belum mampu berqurban sesuai dengan syari‘ah. *sd)



 Tim Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid
Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Fast Download


Demikianlah Artikel Kelompok dan Iuran Qurban

Sekianlah artikel Kelompok dan Iuran Qurban kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kelompok dan Iuran Qurban dengan alamat link https://cheatterbaru2.blogspot.com/2011/08/kelompok-dan-iuran-qurban.html