agen bola online agen poker online
Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan - Cheater251 | Free Download Cheat LostSaga, PointBlank, First Blood 2017

Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan

Fast Download
Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan - Hallo sahabat Cheater251 | Free Download Cheat LostSaga, PointBlank, First Blood 2017, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan Pendakian, Artikel Survival, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan
link : Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan

Baca juga


Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan

Fast Download

Sedang melakukan pendakian ataupun kegiatan outdoor dan tergigit oleh semut api memang cukup menjadi masalah untuk kita.

Sebagai negara tropis, Indonesia kaya dengan keanekaragaman flora dan faunanya serta tentunya adalah adanya keanekaragaman serangga baik yang berbahaya maupun tidak. Salah satu jenis serangga yang sering kita temui utamanya diarea hutan Indonesia disaat melakukan pendakian gunung maupun kegiatan outdoor adalah serangga Semut api (Solenopsis Invicta).

Seperti Apa Gigitan Semut Api?

Gigitan semut api adalah gigitan semut yang paling menyakitkan di dunia karena semut ini menggigit dengan sangat kuat dengan capit mulutnya yang juga sulit dilepaskan, dapat menggigit secara bergerombol dan dapat berulang-ulang dalam 1 waktu.

Setelah semut api menggigit, semut api juga akan memberikan racunnya, sehingga dalam beberapa waktu, kulit yang terserang akan muncul benjolan kecil-kecil berisi nanah yang terasa sangat nyeri, panas dan juga gatal.


Setelah jangka waktu 24 jam, pada bekas gigitan akan muncul kemerahan yang luas melingkupi beberapa sentimeter pada area bekas gigitan yg rasanya sangat nyeri juga panas. 1% dari seluruh kasus yang terjadi, korban akan mengalami suatu reaksi alergi sistemik bahkan hingga terjadi kematian.

Lalu bagaimana penanganannya jika kita tergigit semut api?

Cara awal penanganan gigitan semut api sebagai berikut:

1. Segera evakuasi korban ke tempat yang aman, terpapar sinar matahari, dan juga di jauhkan dari lokasi gigitan.

2. Lepaskan semut yang sedang menggigit kulit dengan ranting ataupun kayu dan benda lainnya.

3. Kemudian cuci pada bekas gigitan dengan air sabun pada bekas, atau bisa dibersihkan dengan larutan antiseptik.

4. Kemudian kompres bekas gigitas dengan menggunakan es batu, atau jika tidak ada bisa dengan kain yang dibasahi air dingin.

5. Ada obat? Bisa diberikan salah satu obat-obatan seperti paracetamol/ibuprofen atau codein sebagai antinyeri, oleskan juga dengan krim metilprednisolone 5% sebagai pencegah untuk terjadinya peradangan kulit lebih lanjut pada area gigitan, minum tablet cetirizine untuk menghilangkan gatal.

6. Apabila timbul rasa nyeri yang tak tertahankan, pandangan kabur, terjadi mual muntah, ada penurunan kesadaran, segera bawa ke pelayanan kesehatan maupun rumah sakit.

Itulah benerapa cara penanganan apabila tergigit oleh semut api.

Bagaimana pencegahannya?

Pakaialah pakaian yang longgar dan tertutup selama melakukan petualangan di pendakian gunung maupun kegiatan outdoor agar kamu terhindar dari sengatan/gigitan hewan.


By : dokter petualang

Sumber:
1) Weiss EA. 2005. A Comprehensive guide to wilderness and travel medicine 3rd edition.
Fast Download


Demikianlah Artikel Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan

Sekianlah artikel Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penanganan Gigitan Semut Api di Petualangan dengan alamat link https://cheatterbaru2.blogspot.com/2016/09/penanganan-gigitan-semut-api-di.html